RAID

 15 kesimpulan tentang RAID

1. RAID






RAID (redundant array of independent disks) adalah cara menyimpan data yang sama pada beberapa harddisk yang berbeda dalam 1 tingkat yang sama sebagai backup data dalam kasus kerusakan drive.

2. RAID menggunakan teknik mirroring disk dan striping disk. mirroring menyalin data yang identik ke lebih dari satu drive. Striping yaitu semua disk disisipkan dan ditangani secara berurutan.

3. Disk mirroring dan disk stripping dapat digabungkan pada susunan RAID. Mirroring dan striping digunakan bersama-sama dalam RAID-01 dan RAID-10.

4. NAS







Network-attached storage (NAS) adalah penyimpanan file khusus yang memungkinkan banyak pengguna untuk mengambil data dari kapasitas disk terpusat. Perangkat NAS biasanya dikonfigurasikan dan dikelola dengan utilitas berbasis browser dengan pengguna di jaringan area lokal (LAN).

5. Keunggulan NAS adalah kemudahan akses, kapasitas tinggi dan biaya yang cukup rendah.

6. Dengan skala NAS, administrator penyimpanan memasang lebih besar dan lebih banyak harddisk untuk meningkatkan kapasitas penyimpanan. 

7. LAN adalah suatu jaringan internal / lokal dengan jangkauan jarak maksimal 100 meter. Jaringan LAN banyak digunakan dalam perusahaan untuk menghubungkan antara bagian - bagian dalam satu gedung.

8. Sistem Operasi CentOS

Distribusi CentOS Linux adalah platform yang stabil, dapat dikelola, dan direproduksi yang berasal dari Red Hat Enterprise Linux (RHEL). 

9. CentOS Linux bertujuan secara fungsional kompatibel dengan RHEL. CentOS Linux tidak ada biaya dan gratis untuk didistribusikan kembali.

10. Protocol Webdav

WebDAV (World Wide Web Distributed Authoring dan Versioning) menerapkan standar RFC 2518, RFC 4918 dan Internet Engineering Task Force (IETF) untuk authoring kolaboratif di Web.

11. Client - Server






Client – server merupakan arsitektur jaringan komputer yang memisahkan client dengan server. Jaringan tipe ini merupakan jaringan yang termasuk sering ditemui di jaringan komputer. 

12. Tiap client / server yang terhubung ke jaringan bisa disebut sebagai simpul / node. 

13. SELinux

SELinux adalah peningkatan keamanan Linux yang memungkinkan pengguna dan administrator lebih mengontrol kontrol akses. Akses dapat dibatasi pada pengguna dan aplikasi mana yang dapat mengakses sumber daya mana.

14. Firewall

Firewall adalah program keamanan jaringan yang mengontrol koneksi masuk dan keluar berdasarkan aturan yang ditetapkan. 

15. Red Hat Enterprise Linux menyertakan beberapa alat untuk membantu administrator dengan masalah kontrol akses tingkat jaringan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Optical Disk dan Pita Magnetik